Exterior, Landscaping, Building & Infra Structure

Image

Membangun Taman Minimalis

Walkway between Ornamental Pools to Interior of House

TAMAN minimalis kerap kali menjadi konsep taman favorit banyak orang. Itu karena ide konsep taman tersebut sangat mudah diaplikasikan.

Membangun taman minimalis tidak memakan terlalu banyak biaya, waktu, dan tenaga. Taman ini pun masuk untuk segala jenis tema rumah, mulai tema rumah minimalis sampai art deco. “Taman minimalis memang tidak neko-neko idenya. Tapi, bukan berarti konsep taman ini tidak bisa dibuat menjadi indah,” ujar arsitek lanskap Kristina Lumboti.

Yang perlu Anda persiapkan dan lakukan adalah perencanaan matang agar semuanya berjalan sesuai rencana. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan atau lebih tepatnya pertimbangkan adalah, apakah taman minimalis adalah jenis taman yang tepat untuk Anda. Kalau Anda tipe orang yang smart, senang akan kebersihan, kerapian, dan perawatan yang mudah, maka taman ini sangat cocok untuk Anda.

Anda yang bekerja sebagai profesional urban tentu tidak memiliki banyak waktu untuk selalu merawat taman atau kebun Anda setiap hari, atau bahkan setiap minggu. Mungkin pekerjaan mengharuskan Anda untuk sering bepergian ke luar kota atau malah ke luar negeri.

Taman minimalis sangat pas untuk Anda jika Anda termasuk jenis orang seperti di atas. Elemen-elemen yang perlu ada di taman minimalis agar terlihat cantik tidak serumit taman dengan ide konsep yang lebih susah seperti taman tropis atau taman jenis lain. Elemen-elemen yang perlu ada di taman ini adalah patung pahat, tanaman hias, dan penataan yang menarik. Apabila semua ini sudah ada di taman Anda, maka Anda hanya perlu bersantai sambil menikmati taman tersebut.

Ciptakan ruangan yang luas di taman minimalis Anda. Apabila Anda bisa menata taman secara efektif dan tepat, maka taman minimalis Anda akan terlihat lebih luas dan lega.

Setiap taman memang memerlukan tanaman untuk diletakkan sebagai elemen pendukung taman. Inilah keuntungan taman minimalis. Anda tak memerlukan terlalu banyak tanaman hias untuk mendukung taman ini. Cukup jenis tanaman hias yang Anda suka saja. Jangan lupa, walaupun taman.

Anda tidak memiliki tanaman sebanyak taman tropis, bukan berarti tidak membutuhkan cahaya, bukan? Pastikan pekarangan Anda bisa mendapatkan akses langsung sinar matahari. Anda bisa memilih jenis tanaman hias yang menarik perhatian mata seperti jenis tanaman dengan daun atau bunga yang berwarna-warni atau daun yang lebar. Namun, salah satu yang identik dengan taman minimalis adalah peletakan fitur keras seperti patung atau furnitur taman. “Perhatikan saat memilih patung.
Jika patung berukuran kecil, Anda bisa meletakkan lebih dari satu. Namun, jika patungnya sudah cukup besar, sebaiknya letakkan satu di tengah-tengah taman sebagai center of attention,” saran Kristina.

“Pemilihan furnitur juga tidak perlu yang terlalu heboh. Kan idenya minimalis, jadi furniturnya mesti minimalis juga.

Beli saja kursi dan meja kayu agar berkesan etnik dan vintage, tapi tidak berlebihan serta menghilangkan kesan minimalis tersebut,” lanjut Kristina.

Jangan lupa untuk memasang lampu taman. Pada saat senja dan malam tiba, permainan cahaya buatan akan membuat taman jadi terlihat romantis. Lampu warna kuning yang temaram akan lebih bisa membawa kesan romantis dibandingkan jenis lampu putih seperti neon.

Jika Anda mau sedikit bermain dengan dekorasi, tidak ada salahnya kok menambah water fountain di taman minimalis Anda. Air memang bisa memberikan nuansa kedamaian dan ketenangan. Perhatikan sekitar Anda, hampir setiap rumah pasti tamannya memiliki elemen air walaupun hanya kecil. Pertahankan kesimetrisan taman depan dan taman belakang. Jika Anda memiliki taman belakang, pastikan konsepnya juga sama dengan taman depan sehingga rumah Anda akan terlihat lebih simetris dan seimbang.

Sumber: okezone

Sabtu, 27 Desember 2008

Leave a comment